Hotline: +62 81328697009
Selamat Datang di Kampus Pencetak Pengusaha!

Siapa Saja Yang Butuh Dan Harus Bisa Menulis?

Ini adalah salah satu pertanyan yang dilontarkan seorang pembicara sebuah workshop menulis pagi itu (6/9). Beberapa peserta kemudian mengacungkan tangan sembari menjawab berbagai profesi yang memang memerlukan kemampuan menulis.

Lalu kemudian pertanyaannya dibalik, Siapa yang tidak memerlukan kemampuan menulis?. Semua peserta yang berjumlah kurang lebih 26 peserta tersebut berpikir sejenak lalu mulai menyebutkan satu persatu profesi yang menurut mereka tidak membutuhkan kemampuan menulis.

IMG_20150906_103018_HDRSi pembicara kemudian menuliskan profesi-profesi yang ada disebutkan peserta yang sebagian besar adalah pelajar SMA di Yogyakarta itu. Setelah terkumpul beberapa jenis profesi, si Pembicara membahas satu persatu profesi tersebut.

Apakah betul profesi tersebut tidak memerlukan keterampilan menulis?. Namun ternyata profesi-profesi yang disebutkan pun masih memerlukan keterampilan menulis. Diskusi terus berlanjut sampai akhirnya mereka sepakat  bahwa hampir semua pekerjaan di dunia ini memerlukan keterampilan menulis. Mulai dari untuk kepentingan pekerjaan, studi, bisnis bahkan minimalnya untuk bisa berkomunikasi dengan baik melalui bahasa tulis.

Ini adalah sesi pertama dari Workshop Kepenulisan Jurnalistik dan Motivation Letter yang diadakan oleh Komunitas GeNAM dan Student Journalism. Workshop ini berlangsung di @HOM Hotel mulai 10.00 Minggu, 6 September 2015. Diisi oleh dua pembicara, yang pertama adalah seorang mahasiswa yang aktif menulis di beberapa media dan memiliki bisnis jasa konten. Dan kedua adalah seorang pengajar serta aktivis LSM yang juga aktif menulis di berbagai media.

Pembicara tersebut ialah Asep Permana, salah satu mahasiswa STIEBBANK Yogyakarta ini sebenarnya tidak memperoleh pendidikan menulis secara khusus. Bahkan jurusan pendidikan yang dia tempuh pun adalah Ilmu Manajemen. Bukan sastra, ilmu komunikasi atau sebagainya. Skill menulisnya terasah dari kebiasaan dalam mengerjakan tugas kuliah dan kemudian memberanikan diri memulai bisnis jasa menulis konten.

IMG_20150906_102858_HDRDan setelah setahun lebih mengerjakan bisnis itu, telah banyak konten tulisan yang ia hasilkan. Sehingga dipilihnya dia sebagai pembicara di workshop menulis ini selain karena pengalaman menulisnya. Jenjang umurnya yang tidak terlampau jauh dengan peserta juga diharapkan mampu menyampaikan materi dengan bahasa komunikasi yang lebih “nyambung” dan mudah dipahami oleh siswa SMA.

Selain itu sosoknya juga mewakili pribadi yang sebenarnya tidak memiliki bakat alami menulis namun karena kesungguhannya belajar akhirnya ia bisa menulis dan bahkan bisa memiliki bisnis di bidang kepenulisan. Sehingga diharapkan bisa memotivasi para siswa untuk belajar menulis. Bahwa siapapun harus bisa dan pasti bisa menulis.

Dalam kesempatan workshop ini ia memang belum mengajarkan teori dan cara menulis secara teknis. Dalam workshop ini ia lebih ke membangun motivasi dan menyampaikan prinsip dasar bagaimana menggali sebuah ide menjadi tulisan. Karena kedua hal cukup krusial dan paling dibutuhkan bagi seorang penulis baru. Hal teknis seperti EYD, struktur, diksi dan sebagainya adalah hal yang mudah untuk dipelajari selanjutnya jika kita sudah terbiasa menulis.

IMG_20150906_112033_HDR

Peserta Seminar Yang Aktif Selama Workshop dan Mampu Menulis Paling Banyak

Sesi workshop ini ditutup dengan menulis bersama, dimana peserta boleh menuliskan apa saja. Dan hasilnya, beberapa peserta yang mengaku sulit dan tak pernah sanggup menulis sampai satu halaman pun. Pada sesi itu berhasil menulis melewati batas kemampuan sebelumnya. Begitupun sebagian besar peserta lainnya mampu menulis lebih dari 1 halaman dalam waktu 10 menit.

Jenis konten yang mereka tuliskan pun beragam ada yang cerita, puisi, laporan kegiatan, rangkuman materi, atau bahkan yang berupa curahan hati. Dan yang terpenting adalah peserta mulai percaya diri, yakin dan semangat untuk belajar menulis lebih lanjut.



Leave a Reply



Slide Info STIEBBANK
Lokasi
Contact
STIEBBANK Yogyakarta
KAMPUS : Jl. Magelang Km. 8, Mlati, Sleman, Yogyakarta 55285
info@kampuspencetakpengusaha.com
Telp : (0274) 866800 / 081328697009 / PIN : 2B4574A3
© 2017 Kampus Pencetak Pengusaha | Developed by Hebat Promosindo